Implementasi ITSM di PT Tiktok

   


    Hampir Semua orang di masa ini menggunakan media sosial tak terlepas anak anak maupun orang dewasa yang menggunakannya, Di lansir dari laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di wilayah Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang pengguna aktif sebanyak 170 juta orang. Melihat tren yang sedang berlangsung, jumlah pengguna media sosial di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, maka dari itu para pengembang aplikasi saling bersaing untuk membuat sebuah jaringan media sosial untuk meraih keuntungan dari para pengguna aktifnya para pengembang juga terus menambahkan fitur fitur yang tadinya belum ada di aplikasi sebelumnya sekarang aplikasi yang beredar di dunia maya terus menambah fitur fitur menarik untuk menggaet para penggunannya bahkan ada aplikasi yang mengincar pasar tidak hanya untuk pengguna yang sudah dewasa dan pada akhirnya aplikasi juga merambah untuk anak anak yang masih dibawah umur dengan menambahkan fitur khusus agar pengguna yang masih di bawah umur bisa merasakan perkembangan media sosial tanpa harus menerima konten yang bepotensi berkonotasi negatif.

    Di Abad 21 ini perkebangan media sosial berkembang sangat pesat bahkan mulai tahun 2007 ke atas media sosial berkembang berkali kali lipat lebih cepat dibanding tahun tahun sebelumnya, dan di akhir tahun 2016 perusahaan asal tiongkok meluncurkan sebuah jaringan sosial dan platofrm video musik melalui aplikasi tersebut yang bisa di nikmati di semua umur bahkan aplikasi tersebut bisa memberikan ide ide kreatif untuk para penontonnya, pada masa pandemi ini membuat membuat orang orang memunculkan hal-hal baru salah satunya membuat video tiktok sebagai bahan pembelajaran bahkan bisa di jadikan wadah untuk pengumpulan tugas para siswa dalam bentuk video pendek tiktok.

Information Technology Infrastruktur Library (ITIL)

    Information technology Infrastruktur Library (ITIL) adalah framework atau kerangka kerja yang mengandung praktik terbaik untuk memberikan sebuah layanan TI yang bagus. ITIL mempunyai suatu prosedur manajemen atau tata kelola yang di design untuk mendukung kebutuhan suatu bisinis dalam memberi output produk atau layanan dengan kualitas nilai tinggi dan dengan biaya produksi yang pas. program ini besifat generik dan mandiri dari para vendor dan juga di desain untuk memandu infrastruktur, pengembangan dan juga operasi TI yang berjalan.

1. Service Strategy atau Strategi Layanan Pada Perusahaan tiktok

    Berikut kita masuk ke pembahasan Strategi Layanan atau Service Strategi yang selanjutnya saya akan sebut Strategi Layanan, Tiktok Mempunyai strategi dalam merombak pasar media sosial tentunya maka dari itu perusahaan ini tidak sembarangan dalam merancang strategi tersebut berdasarkan informasi yang di berikan oleh Head Of Communication ByteDance Indonesia, Chatrine Siswoyo Mengatakan bahwa Diversifikasi konten merupakan strategi pertama yang dipakai perusahaannya, menurut beliau tiktok saat ini memiliki kategori konten yang beragam dimulai dari konten edukasi, resep masakan, fashion dan yang lainnya.

    Strategi Layanan yang kedua adalah strategi dari segi monetisasi, perusahaan menggandeng berbagai merek atau brand ternama di dunia untuk menjangkau komunitas kreatif di Tiktok, saat ini sudah banyak brand ternama yang beriklan di aplikasi tiktok untuk menjangkau konsumennya bukan hanya iklan saja tetapi mereka juga mengajak komunitas kreator kami untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui produk atau merek mereka ujar Cathrine.

    Strategi Layanan yang ketiga merupakan tujuan yang di inginkan oleh perusahaan yaitu berfokus untuk menggaet para usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di indonesia, salah satunya melalui fitur platform pemasangan iklan di aplikasi yaitu 'TikTok for Business Self Serve', sebab ia menjelasakan selama pandemi corona berlangsung banyak UMKM yang terdampak, dan juga Cathrine menjelaskan bahwa Tiktok akan memberikan dana subsidi sebesar US$100 juta atau 1,4 triliun bagi UMKM secara global yang ingin menggunakan layanan iklan tersebut untuk produknya di saat pandemi corona berlangsung, setiap UMKM yang mendaftar dan memenuhi syarat akan mendapatkan bantuan berupa kredit iklan sebesar 300 hingga 2000 dollar us

    Direct sales Pandhu Wiguna mengatakan bahwa platfrom self serve merupakan sebuah langkah evolusi dari tiktok yang menjadi solusi periklanan yang akan menjadi solusi perikanan di masa mendatang, berdasarkan laporan McKinsey selama pandemi Covid 19 54% konsumen indonesia menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video.

2. Service Design atau Layanan Desain Perusahaan Tiktok

    Service Design yang digarap oleh perusahaan tiktok yaitu lebih mengedepankan kemudahan pengguna dalam mengoprasikan layanan dan fitur fitur yang disediakan oleh tiktok, sebelumnya dengan peningkatan popularitas dan akan lebih banyak  pengguna atau user yang menggunakann platform karyanya, Tiktok mengumumkan akan menyediakan alat baru yang memungkinkan para streamer TikTok dan akun Moderator untuk membisukan sejumlah penonton yang dipilih selama siaran langsung agar tidak menggangu Streamer serta penonton lainnya, alat ini memungkinkan streamer untuk membisukan penonton selama beberapa menit atau selama siaran berlangsung, sementara itu data dari SensorTower menampilkan bahwa aplikasi TikTok menjadi aplikasi dengan pendapatkan tertinggi secara global di kedua toko aplikasi pada Kuartal ke tiga.

    Tiktok juga meningkatkan Algoritma aplikasinya agar para pengguna dapat menemukan konten yang disukai oleh pengguna tanpa memilih kategori yang akan merepotkan bagi pengguna hanya dengan melihat, komentar atau like maka otomatis video tersebut masuk ke explore aplikasi Tiktok pengguna, dan juga Tiktok menyediakan beragam Music serta Filter yang sangat interaktif Pengguna hanya perlu menggunakan Music atau Filternya maka sistem secara otomatis membuat tagar pada konten yang dibuat agar lebih mudah dalam menjangkau penonton.



3. Service Transition atau Transisi Layanan di Perusahaan Tiktok

    Setelah TiktTok di china yang aplikasinya bernama Douyin lalu Perusahaan ByteDance mengubah namanya menjadi Tiktok agar lebih nyaman di dengar di telinga orang luar China, Tiktok pun berkembang hanya dalam 1 tahun aplikasi tersebut mampu untuk memiliki lebih dari 100 juta pengguna dengan popularitasnya itu maka perusahaan tersebut me launching applikasinya kepada dunia, dan juga Tiktok membuat web dari aplikasi tersebut demi menggaet lebih banyak pengguna dan secara langsung meningkatkan kenyamanan pengguna untuk lebih leluasa menggunakan platform darinya, tak tanggung tanggung Tiktok membuat webnya lebih Stabil, ringan, dan memasukan lebih banyak fitur yang contohnya seperti menggunakan tombol arrow untuk konten selanjutnya dan tekan L untuk menyukai video yang sedang di putar.


Sampai situ Pembahasan artikel saya, kesan pesan dari saya yaitu lebih terbuka terhadap perkembangan dan selalu meningkatkan kualitas agar tidak kalah dengan persaingan dan juga jangan membuang buang kesempatan, itu saja dari saya terimakasih telah membaca artikel saya.


sumber :

https://dailysocial.id/post/bisnis-tiktok-di-indonesia

https://katadata.co.id/ekarina/digital/5f193dd1f11f5/tiktok-indonesia-ungkap-3-strategi-bisnis-di-2020-untuk-gaet-pengguna



Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI ITSM DAN ITIL PADA PT.Shopee

Mereview Ebook IT Service Management