IMPLEMENTASI ITSM DAN ITIL PADA PT.Shopee

Disini saya akan membahas tentang ITSM dan ITIL dari PT.Shopee dan sebelum membahas lebih lanjut, sebelumnya pertama-tama saya akan menjelasakan apa itu PT.Shopee? 

    PT.Shopee merupakan anak perusahaan dari perusahaan SEA GROUP yang dulunya dikenal dengan nama GARENA, Shopee didirikan pada tahun 2015 oleh mantan pemimpin Zalora dan Lazada yang di luncurkan di Singapura, Shopee sendiri pertama kali meluncur sebagai Marketplace Consumer to Consumer (C2C). Namun sekarang mereka beralih ke mode hibrid C2C dan business to consumer (B2C), di tahun 2017 platform Shopee telah mencatat 80 juta unduhan aplikasi dengan lebih dari empat juta penjual atau seller dan 180 juta produk aktif, lalu pada april 2020 Shopee indonesia mulai mempromosikan terhadap penjualan makanan siap saji di platform Shopee.

    Sehabis membahas sejarah serta penjelasan tentang  PT. Shopee selanjutnya kita akan membahas tentang ITSM atau yang disebut Infromation Technology Service Management yang ada di Perusahaan Shopee.



    Manajemen Layanan Sistem Informasi atau bisa disebut IT Service Management (ITSM) merupakan sebuah layanan yang mempunyai kualitas penyediaan kepada para pengguna platform dengan memberikan kepuasan dan kenyamanan dalam pembelian suatu barang di platform, pada umumnya, ada banyak manajemen yang bisa dilakukan pada Proses ITSM tetapi pada bahasan kali ini saya akan membahas salah satu management saja yaitu manajemen masalah, manajemen masalah mempunyai tujuan dalam mencari penyebab dimana letak permasalahan atau trouble itu terjadi, Lalu disini ada Pendekatan metode ITSM yaitu ITIL atau disebut dengan IT Infrastructure Library. ITIL dan ITSM merupakan dua hal yang berbeda walaupun berbeda kedua hal tersbut saling berkaitan, jika diibaratkan ITIL merupakan sebuah cara lalu ITSM merupakan Tujuannya, Jadi ITIL dibuat dengan tujuan memberikan banyak cara agar ITSM dapat terpenuhi dengan semestinya.

 

    Manajemen Layanan TI atau disebut dengan IT Service Management (ITSM) merujuk kepada penyelenggaraan dan pengelolaan kualitas layanan TI yang kegunaannya memenuhi kebutuhan bisnis. Manajemen Layanan Ti digunakan oleh Layanan TI melewati integrasi yang tepat dari teknologi, proses, manusia dan informasi. Penyelenggara layanan TI tidak lagi bisa hanya bertitik kepada teknologi serta organisasi internal mereka sendiri. Penyelenggara Layanan TI sekarang harus mempertimbangkan prioritas layanan yang mereka berikan dan fokus pada hubungan dengan pelanggan atau user.

 

    Untuk bahasan selanjutnya secara prinsip ada lima domain proses utama yang harus di perhatikan secara sungguh sungguh dalam memverfikasi terjadinya pelayanan berbasis teknologi yang kompeten, maka dari itu Shopee menggunakan kelima domain ini, diantaranya:

 

1). Service Strategy
    Memberitahukan bahwa setiap kelompok atau organisasi seperti perusahaan harus memiliki sebuah Rencana atau Strategi Pelayanan terhadap pelanggan yang akan menjadi panduan bagi setiap aktivitas "Services" yang terjadi dalam lingkungan organiasi. Berdasarkan Prinsip, Strategi ini mengandung bagaimana cara dan Metode yang digunakan serta perlu dilakukan oleh seluruh orang penting dalam suatu organisasi yang berada di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang terbaik, maka dari itu Perusahaan yang dibahas kali ini yaitu perusahaan Shopee mempunyai lebih banyak pelanggan atau pembeli sembari menjadikan penggunaan platform lebih mudah, praktis dan dinamis. 

2). Service Design
    Pada bagian Service Design ini menunjukan bagaimana suatu organisasi mendesign ekosistem (Infrastruktur dan juga superstruktur) teknologi informasi yang digunakan dengan tujuannya memenuhi atau melayani para pihak yang terkait, melalui perancangan ini, Dinantikan terciptanya suatu ekosistem yang kondusif bagi semua divisi teknologi informasi dalam meneruskan suatu pelayanan prima kepada setiap individu, kelompok serta unit atau divisi pemakai pada suatu organisasi. Pada lingkup ini Perusahaan Shopee mendesign suatu sistem dimana user dengan sangat mudah melewati dan memahami web Shopee. lalu Shopee juga mendisign situs webnya agar bisa dengan nyaman diakses dari smartphone. Sekarang Pelanggan berbelanja dimana saja dan kapan saja di smartphone pribadinya, Shopee ingin melayani dengan maksimal agar ada kemudahan di dalamnya seperti yang pelanggan harapkan, dimulai dari pencarian dan pemilihan barang atau produk yang diinginkan hingga pada fase pembayaran dan pengelolaan pesanan

3). Service Transition
    Memvisualisasikan bagaimana organisasi atau kelompok bertransformasi atau menjalankan suatu perubahan menuju kepada rancangan lingkungan serta pelayanan yang mereka inginkan. Pada tahapan peralihan ini harus di jaga agar efektif serta tidak menimbulkan masalah besar. Di Lingkup ini Shopee membuat suatu project bernama Shopee Paylater. Shopee Paylater merupakan suatu layanan pembayaran online yang akan memudahkan pengguna untuk membeli barang yang akan mereka beli walaupun dana pembeli belum cukup.

4). Service Operation 
    Menguraikan secara rinci serta jelas mengenai inti dari kumpulan proses manajemen, yakni pengelolaan  pada layanannya itu sendiri pada tahap operasional. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal akan memperoleh manfaat langsung dari adanya teknologi informasi serta komunikasi. Shopee juga memiliki customer service profesional yang akan membantu pelanggan atau buyer untuk memproses refund dan reture.

5). Continual Service Improvement 
    Shopee melakukan perbaikan dari masa ke masa secara berkesinambungan. Bukan berarti organisasi ini hanya melakukan perbaikan dalam mengatasi masalah-masalahnya tetapi juga harus siap menghadapi perubahan yang disebabkan dinamika global, selanjutnya Shopee lebih memikirkan tentang pengalaman pengguna terkait dalam hal pembelanjaan melalui perangkat mobile.

Kesimpulan 

    Perlunya melakukan inovasi dengan cepat dan efesien serta melihat peluang inovasi yang akan di terapkan oleh perusahaan kompetitor yang bisa jadi suatu ancaman terhadap perusahaan shopee maka dari itu shopee harus meningkatkan kualitasnya, perusahaan shopee harus lebih memikirkan design serta keringanan dari situs web maupun aplikasi, Penyediaan pelayanan yang maksimal akan memberikan kenyamanan serta kepuasan pelanggan dengan sisi positif dari perusahaan yaitu menambahnya jumlah pelanggan tetap(langganan).

Refrensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mereview Ebook IT Service Management